research
  • 20 Oct
  • 2023

BUPATI MENGADAKAN KEGIATAN SAFARI KE SMA NEGERI 1 PEMALANG

Senin, 16 Oktober 2023 Bupati Pemalang, Bapak H. Mansur Hidayat, S. T. berkenan melakukan kegiatan Safari ke SMA Negeri 1 Pemalang sebagai bagian dari program kegiatan safarinya di SMA se-kabupaten Pemalang, dalam rangka Penguatan Ideologi Pancasila, Pencegahan Kenakalan Remaja dan Obat-obatan Terlarang, dan Sosialisasi Pemilu 2024 di kalangan pelajar. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Pemkab. Pemalang untuk menjadikan pelajar Pemalang mengetahui akan pentingnya ideology Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup warga Negara, menjadikan pelajar yang baik dengan tidak melakukan kegiatan yang dilarang oleh agama maupun Negara, berupa kenakalan remaja dan penggunaan obat-obatan terlarang, dan pentingnya peran serta pelajar yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum, baik pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan kepala daerah, maupun pemilihan anggota dewan perwakilan rakyat di tingkat pusat maupun daerah.

Dalam kegiatan safari tersebut Bupati berkenan menjadi Pembina upacara bendera yang diikuti oleh jajaran wakil pemerintah Kabupaten Pemalang, seperti Sekda, Kepala SKPD, Camat, dan unsur pemerintah daerah lainnya beserta staf,kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Pemalang. 

Dalam amanatnya, Bupati Pemalang Bapak H. Mansur Hidayat, S. T. berpesan secara langsung kepada peserta didik, pertama, agar selalu melaksanakan ibadah secara rutin sesuai dengan agama masing-masing, selalu berbuat baik dan mendoakan kepada orang tua, guru, dan sesamanya. Kedua, meminta jangan sekali-kali berbuat yang merugikan bagi diri sendiri maupun orang lain, antara lain dengan menjauhi narkoba, melakukan perundungan, maupun kenakalan remaja yang lainnya. Ketiga, agar berpartisipasi aktif dalam pemilu legislatif dan kepala daerah agar pembangunan bangsa dapat terlaksana dengan baik. Ke empat, mengingatkan agar selalu berdoa sehingga apa yang dicita-citakan menjadi terlaksana.


Setelah upacara selesai Bapak Bupati beserta jajaran mengadakan ramah tamah dengan warga sekolah dan memberikan hadiah bagi peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan dari beliau. Kegiatan tersebut juga dimanfaatkan oleh Bapak Bupati beserta sebagian jajaran yang merupakan alumni SMA Negeri 1 Pemalang sebagai ajang untuk bernostalgia dengan berkeliling sekolah dan makan bersama dengan jajaran di kantin sekolah. Perlu diketahui bahwa kantin SMA Negeri 1 Pemalang sudah mendapat sertifikat dari Dinas Kesehatan terhadap kelayakan makanan dan minuman yang dijual kepada warga sekolah.